PASURUAN, KLIKNEWS.CO.ID – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesejahteraan sosial, Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan meluncurkan inovasi digital bernama LASKAR EMAS (Layanan Kesejahteraan Rakyat Menuju Era Maju, Adil, dan Sejahtera).

Program ini resmi diterapkan sejak Mei 2022 dan telah memberikan dampak signifikan terhadap percepatan serta efisiensi pelayanan publik, khususnya bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan, Pantja Wisnoe Ismojo, S.H., M.M., mengungkapkan bahwa LASKAR EMAS hadir sebagai jawaban atas tantangan layanan konvensional yang cenderung lamban dan kurang efisien.

Melalui inovasi ini, masyarakat miskin dan rentan kini dapat mengakses berbagai layanan sosial secara digital, termasuk pendaftaran jaminan persalinan dan pelacakan database bantuan sosial (bansos), cukup dari desa atau kelurahan tanpa harus datang langsung ke kantor Dinas Sosial.

“Aplikasi ini secara nyata telah menurunkan antrean di kantor Dinsos, mengurangi beban biaya transportasi dan administrasi bagi pemohon, serta meningkatkan transparansi dan akurasi data melalui sistem digital yang aman dan real-time,” jelasnya.

Lebih lanjut, masyarakat juga dapat memantau status permohonan mereka melalui laman resmi https://laskaremas.pasuruan.go.id. Hal ini menjadikan layanan lebih inklusif, transparan, dan akuntabel.

LASKAR EMAS, juga menggambarkan integrasi lintas sektor yang kuat, melibatkan berbagai pihak seperti Dinas Kesehatan, BPJS, RSUD, Disdukcapil, serta pemerintah desa dan kelurahan.

Proses verifikasi dan penandatanganan dokumen kini dilakukan secara elektronik, sejalan dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), sehingga mempercepat waktu pemrosesan secara signifikan.

“Inovasi ini juga diakui sebagai sistem terbuka (open source) yang memungkinkan replikasi dan pengembangan di daerah lain,” tambahnya. Ke depan, Dinsos Kabupaten Pasuruan berencana mengembangkan fitur web chat dan dashboard khusus bagi Tagana serta Pusdalops, untuk memperkuat respon kebencanaan serta layanan konsultasi daring.

Dengan semangat keberlanjutan dan menjunjung nilai-nilai organisasi seperti profesionalisme, tanggung jawab, dan transparansi, LASKAR EMAS menjadi bukti nyata bahwa transformasi digital dapat menjadi pilar penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

(mal/syn/kuh)